Jumat, 04 Oktober 2013

Perlengkapan Sangkar Penangkaran

Salam para pecinta kicaumania.....
Kali ini saya akan mencoba untuk memposting apasajakah yang seharusnya di persiapkan (perlengkapan sangkar) untuk breeding kenari karena, sangkar itu sendiri adalah sesuatu yang sangat diperlukan dalam breeding kenari/diperlukan kenari itu sendiri ibarat rumah kalo untuk kita. Jadi,sangkar adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan bagi kelangsungan hidup kenari walaupun elemen yang lain juga tidak kalah pentingnya, nah kali ini mari kita simak apa sajakah perlengkapan yang perlu kita persiapankan untuk breeding kenari.
Perlengkapan sangkar ternak kenari antara lain :
1. Tempat bertengger, tempat bertengger ini bisa dari kayu yang kasar kulitnya. Dapat menggunakan kayu pohon asem, jambu biji, atau petai cina. Tempat bertengger yang kasar akan membantu burung kenari dalam bertengger dan membantu kenari membersihkan paruhnya sehabis makan. Tenggeran yang halus kurang baik untuk burung kenari. Untuk sangkar kenari indukan diberi tenggeran 2 buah.
2. Sarang tempat bertelur, dapat dibuat dari anyaman bambu atau plastik yang diberi serat nanas, rami, serabut kelapa atau daun cemara kering. Penempatan sangkar ini sebaiknya berada lebih tinggi dari pintu sangkar, sebelah kiri atas atau kanan atas. Dengan demikian pada saat pengggantian air minum atau pemberian pakan tidak menganggu burung yang sedang mengeram. Pada sisi luar kandang, tempat bertelur ditutup dengan menggunakan kertas. Sehingga burung merasa nyaman dan tenang mengerami telurnya.
3. Tempat makan dan minum, sebaiknya ditempatkan saling berjauhan sehingga tempat minum ini tidak dikotori oleh sisa makanan, dan juga sebaliknya pakan tidak terkotori karena kenari mandi pada tempat minum.
4. Penjepit sayuran, digunakan untuk menjepit sayuran sebagai makanan tambahan untuk burung kenari. Bisa menggunakan penjepit pakaian. Penempatanya dijauhkan pada tempat minum agar air minum bersih dari sisa sayuran yang dimakan burung.
5. Kawat, kawat ini berfungsi untuk menggantungkan telur puyuh rebus yang diperlukan saat kenari meloloh atau memberi makan anakannya. telur puyuh dikupas kulitnya separuh bagian saja agar tidak mudah jatuh dari kawat dan tidak mudah mengering sehingga kenari tidak mau memakannya. Kawat ini juga berfungsi sebagai tempat meletakkan asinan yang berfungsi untuk menyuplai kalsium.
6. Lampu penerangan, sebaiknya diberikan lampu yang berwarna putih yang tidak menyilaukan mata. Lampu diletakkan pada tempat yang menerangi semua sangkar. Dengan adanya lampu penerangan ini, maka pada malam hari sangkar penangkaran tampak terang. Dengan demikian akan memberikan kemudahan bagi indukan untuk setiap waktu meloloh anakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar