Jumat, 04 Oktober 2013

Sangkar Penangkaran

Untuk menangkarkan burung kenari pada dasarnya membutuhkan dua macam sangkar, yaitu sangkar untuk penangkaran dan sangkar untuk pembesaran. Aspek yang di perlukan untuk pe-nangkaran ini adalah: ukuran sangkar, penempatan sangkar,    perlengkapan sangkar, dan penerangan yang cukup.
Masing-masing sangkar mempunyai ukuran sendiri-sendiri disesuaikan dengan keperluanya. Sangkar untuk pe-nangkaran kenari ini disarankan terbuat dari kayu dan rujinya menggunakan ruji yang terbuat dari bambu.
Sedangkan untuk ukur-an biasa digunakan adalah  dengan panjang 50 cm, lebar 40 cm dan tinggi 40 cm. Memang untuk ukuran kandang penangkaran ini tidak harus demikian tetapi tergantung dari jenis kenari yang akan ditangkarkan.Jika yang ditangkarkan adalah jenis Holland ukuran tersebut sudah mencukupi. Tetapi jika yang ditang-karkan adalah jenis York-shire atau silangan antara Yorkshire dan jenis lain, ukuran tersebut kurang memenuhi syarat. Perlu diperbesar lagi menjadi panjang 60 cm, lebar 50 cm dan tinggi 50 cm.
Umumnya burung yang diternakkan para peternak lokal adalah burung kenari lokal sampai dengan kenari F2 (Filial 2) atau keturunan ke 2 dari persilangan Yorkshire de-ngan F1.
Penempatan sangkar indukan sebaiknya dijauhkan dari binatang pengganggu antara lain semut, tikus, kucing, ayam, dan cicak. Bisa diletakkan menempel pada dinding atau tembok dan bisa juga dengan cara digantung. Dari kedua cara tersebut lebih aman dengan cara digantung. Karena binatang pengganggu sulit untuk menuju ke arah sangkar kenari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar